Jumat, 07 Oktober 2011

Perubahan dan Pengembangan Organisasi [Proses Perubahan] Part 5

MELAKUKAN EVALUASI
            Untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif atau bersifat negatif perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai dengan harapan, berarti berpengaruh positif terhadap organisasi, dan apabila sebaliknya berarti negatif. Apabila hasil perubahan itu besifat negatif, pemimpin harus melakukan koreksi total terhadap segala keputusan, baik keputusan yang diambil sebelum perubahan dilaksanakan maupun keputusan yang diambil saat pelaksanaan perubaan. Kesalahan juga dapat terjadi pada segi operasionalnya, atau ada unsur-unsur tertentu dari pihak bawahan .
            Apabila hasil pelaksanaan perubahan itu bersifat positif berarti langkah perubahan itu dapat terus dilaksanakan degan memperhatikan implikasi yang bersifat negatif dan menghambat pelaksanaan perubahan.
            Agar pimpinan mampu mengevaluasi dengan baik, pimpinan memerlukan informasi, baik informasi tentang kemajuan yang telah dicapai maupun informasi tentang penyimpangan-penyimpangan yang telah terjadi. Disamping itu pimpinan harus mampu menghayati berbagai masalah yang dihadapi.

[Andi Bintang] 
[2 KA 29]
[10110673]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar