Jumat, 07 Oktober 2011

Perubahan dan Pengembangan Organisasi [Proses Perubahan] Part 4

MENENTUKAN STRATEGI
Apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar-benar harus dilakukan maka pemimpin organisasi harus segera menyusun strategi untuk mewujudkannya. Menurut Siagian (1983,219), pada umumnya strategi yang terbuka untuk melakukan perubahan dibagi menjadi dua macam, yaitu:
1)      Strategi yang bersifat menyeluruh dan dilakukan secara simultan, atau
2)      Strategi yang bersifat parsial dan dilaksanakan secara inkremental.
            Strategi untuk memperkenalkan perubahan dapat dilakukan dengan mempegunakan dua macam pendekatan. Pendekatan yang pertama dinamakan pendekatan unilateral, pendekatan yang kedua dinamakan pendekatan delegasi.
1)      Pendekatan unilateral (unilateral approach) lebih menekankan pada keputusan pihak pemimpin. Komunikasi belangsung dari atas ke bawah (downwardcommunication). Dalam hal demikian progam perubahan berasal dari atas. Bawahan hanya menerima dan melaksanakan pogram yang telah ditetapkan oleh pimpinan (atasan). Jadi bawahan tidak memberikan kontribusi kepada program perubahan yang telah dibuat oleh pimpinan.
2)      Pendekatan delegasi (delegation approuch) menekankan kepada partisipasi dari bawah. Pihak bawah dibei kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam program perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar